Rabu, 11 Maret 2020

Tanya Dokter Spesialis Lambung Tentang Cara Redakan Gejala Maag dengan Alami


Tanya Dokter Spesialis Lambung Tentang Cara Redakan Gejala Maag dengan Alami - Penyakit maag merupakan salah satu gangguan pencernaan, khususnya adalah lambung yang banyak dialami oleh masyarakat, khususnya di Indonesia sendiri kebanyakan diantara penyakit ini termasuk dalam dispepsia fungsional atau yang tidak diketahui oleh penyebabnya. gejalanya sendiri meliputi mual dan muntah, kemudian juga kesulitan di dalam menelan, nyeri pada bagian ulu hati sampai dengan penurunan berat badan tanpa adanya penyebab yang jelas. Jika sudah semacam ini maka konsultasikan atau tanya dokter spesialis lambung.



Karena pada dasarnya untuk gejala-gejala ringan maka pengobatannya sendiri tidak harus dilakukan dengan datang ke dokter, melainkan cukup konsumsi obat-obatan yang banyak dijual secara bebas di apotek. Hanya saja jika kondisinya cukup parah dan dialami oleh yang berusia di atas 55 tahun, maka dianjurkan untuk segera periksa ke dokter jika seandainya mengalami gejala-gejala di atas. Karena bisa jadi merupakan gejala dari kondisi atau masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

Lalu jika seandainya sudah muncul gejala dari sakit maag ini, sebenarnya Anda juga bisa meredakan gejalanya secara mudah, berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Membatasi konsumsi karbohidrat, termasuk diantaranya adalah makanan dan juga minuman manis yang mengandung gula. Karena ternyata terlalu banyak konsumsi karbohidrat juga menjadi salah satu faktor penyebab dari sakit maag ini. rasa mulas dan juga mual yang dirasakan nantinya akan secara mudah diredakan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, karena di dalam perut karbo ini mudah difermentasi sehingga kemudian menciptakan gas dan juga akan meningkatkan tekanan yang ada di dalam perut, jadi akan memicu kembung, bau mulut sampai dengan gangguan pencernaan.
  2. Mengonsumsi lebih banyak protein dan juga lemak tradisional, lemak tradisional ini termasuk dalam lemak baik yang memiliki efek antiinflamasi pada lapisan luar pencernaan, sehingga bisa membantu untuk mengembalikan kondisi pencernaan. Begitu juga dengan keberadaan dari asam klorida yang berguna dalam mengaktifkan enzim yaitu pepsin dengan fungsi untuk mencerna protein. Sehingga dengan memperbanyak konsumsi protein nantinya juga berguna mencerna makanan, bukan dibiarkan naik ke kerongkongan. Contoh makanan yang baik dikonsumsi adalah daging hewan yang digembalakan, ikan, telur organik, bibi-bijian utuh hingga minyak kualitas terbaik.
  3. Membatasi jumlah gluten yang dikonsumsi, gluten mengandung protein kompleks yang susah atau membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna dalam tubuh sehingga nantinya dapat memperparah kondisi maag, ada beberapa jenis makanan yang hendaknya Anda hindari seperti diantaranya adalah sereal, roti, pancake, pasta maupun pizza yang memang dikenal kaya akan kandungan gluten di dalamnya.
  4. Mengonsumsi kaldu tulang, buatlah olahan yang mengandung kaldu tulang. Karena tulang ini memang dikenal tinggi kandungan mineral, amino sampai dengan gelatin anti inflamasi, sehingga bisa mencukupi kebutuhan protein sehat yang dapat mengatasi masalah pencernaan Anda. Kaldu tulang ini juga dapat meringankan beban yang ada di perut.
  5. Menggunakan cuka sari apel, cuka sari apel ini meskipun sifatnya asam, namun aman dikonsumsi, apalagi bagi mereka penderita masalah kesehatan layaknya penyakit lambung. Setidaknya konsumsilah sebelum makan, ia dapat mengurangi terjadinya kontraksi perut yang dapat memicu terjadinya asam lambung. Campurkan 1 atau 2 sendok teh air cuka tersebut dengan air matang kemudian minum.
Coba langkah-langkah di atas untuk redakan gejala maag yang Anda alami. Tanya dokter spesialis lambung lebih mudah dengan mengandalkan aplikasi Halodoc.

Load comments