Jumat, 14 Februari 2020

Ingin Menghemat Listrik Pabrik? Berikut Langkah Hemat Energi

Ingin Menghemat Listrik Pabrik? Berikut Langkah Hemat Energi  - Perusahaan industri besar terus menghadapi masalah berupa beban pembiayaan listrik yang cukup tinggi. Bahkan terungkap bahwa beban biaya terbesar bagi perusahaan setelah bahan baku adalah listrik. Tentu hal ini sangat tidak baik terutama di tengah persaingan dagang hari ini. 

Beban listrik besar akan berakibat pada harga barang yang diproduksi mahal. Sebenarnya ada beberapa langkah penghematan yang bisa dilakukan untuk membuat alat listrik hemat energi bagi perusahaan Anda. 



Langkah Penghematan Listrik Perusahaan 

Melakukan beberapa langkah penghematan akan membuat listrik lebih hemat bagi perusahaan. Hal ini tentu akan menurunkan beban biaya konsumsi listrik secara keseluruhan. 

1. Memanfaatkan Sumber Energi Berbasis Hybrid 

Jangan hanya ketergantungan sepenuhnya pada pasokan energi listrik dari PLN. Perlu dilakukan diversifikasi pada pasokan sumber energi listrik perusahaan seperti penggunaan sumber daya dengan basis hybrid. Sumber daya berbasis hybrid akan dapat membantu program penghematan listrik Anda secara besar-besaran. 

2. Mengganti Mesin yang Usang 

Mungkin Anda merasa mengganti mesin usang akan memakan biaya investasi yang tidak sedikit. Padahal, mengganti mesin usang akan sangat berakibat baik bagi operasional perusahaan. Tidak hanya membuat kapasitas produksi meningkat namun juga membuat konsumsi energi listrik lebih hemat. 

3. Memeriksa Unit Mesin Boros Listrik 

Dilakukannya pengecekan secara berkala pada setiap unit mesin operasional industri sangat penting karena berkaitan dengan kelancaran produksi hingga operasional keseluruhan. Dengan dilakukannya pengecekan berkala maka akan diketahui unit mesin mana saja yang boros listrik sehingga dapat diberikan perlakuan paling tepat pada mesin-mesin ini. 

4. Mengatur Pencahayaan Optimal 

Lampu atau pencahayaan menjadi salah satu item yang memakan daya cukup besar bagi perusahaan. Untuk itu perlu didesain sistem pencahayaan optimal yang lebih memanfaatkan cahaya matahari dan lampu hemat energi. 

Butuh Tambahan Pasokan Listrik Mendadak? Ini Solusinya 

Memiliki backup cadangan listrik sangat penting dalam mengantisipasi masalah pasokan listrik dari PLN. Perusahaan Sumberdaya Sewatama merupakan perusahaan dengan pengalaman memberikan back up listrik selama lebih dari 22 tahun. Kapasitas pembangkitan yang ditawarkan sangat besar dari mulai 100 kVA hingga 10,000 kVA dengan keandalan pasokan yang stabil tanpa penundaan atau delay.

Load comments